CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Jumat, 01 Mei 2009

WASPADA ASMA


Apakah asma itu?
Asma adalah penyakit yang merupakan penyebab utama mangkir kerja, sehingga produktivitas kita menurun. Sesak napas, batuk, dan mengi adalah beberapa gejala asma yang disebabkan oleh menyepitnya salurn napas.

Apa penyebabnya?
Alergi terhadap debu dan bulu binatang adalah salah satu penyebab timbulnya gejala-gejala asma . faktor lainnya adalah olahraga, cuaca dingin.

Apa yang harus kita lakukan?
Yang semestinya kita lakukan adalah mecatat segala hal-hal yang menyebabkan asma, agar kita dapat mengenal perubahan-perubahan keadaan asma tersebut, apakah tlah membaik atu bahkan semakin parah.

Kapan mengunjungi dokter?
Jangan anda datang ke dokter hanya pada saat dalam keadan darurat, sebab anda tidak akan tahu apa yang akan terjadi pada saat seperti itu. Periksakan iri anda secara rutinm, ajukan pertanyaan-pertanyaan, serta bicarakanlah masalah penyakit anda pada dokter secara terbuka.

Obat ASMA yang mana?
Oleh karena serangn asma merupakan manifestasi dari penyempitan saluran napas, maka logika pengobatannya sebaiknya:
  • Metode lama/ umum : Hanya menggunakan bronkodilator yaitu obat-obatan yang dapat melebarkan saluran napas, obat ini akan melemaskan otot-otot disekeliling saluran napas.
  • Metode baru system pencegahan : Menggunakan obat untuk mencegah agar tidak mudah mendapat serangan . Usahakan agar jangan mendapatkan serangan berikutnya oleh karena makin sering serangan timbul maka makin sulit sembuh dengan cara menggunakan obat bronkodilator. Obat pencegahan asma harus digunakan secara teratur meskipun tidak ada gejala asma. Karena obat pencegah harus dipakai dalan jangka panjang maka yang paling adalah denga inhaler oleh karena obat masuk langsung ke tempat mana yang diperlukan, kerjanya cepat, dosis yang diperlukan edikit sehingga efeknya juga sedikit.
Apakah asama dapat disembuhkan?
Tentunya makin dini penobatan dimulai, makin mudah dan cepat penyembuhannya, hanya dengan sedikit obat yang diperlukan. Serta makin lama didiamkan, maka makin berat serangannya, dan dalam sembuhnya, serta semakin banyak obat yang dibutuhkan. Oleh sebab itu segera obati begitu ada tanda-tanda akan timbulnya serangan. Janga menunggu sampai serangan menjadi berat. Kegagalan pengobatan asma, umumnya disebabkan karena ketidak patuhan penderita dalam meminum obat pencegah serangan.


0 komentar: