CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Jumat, 01 Mei 2009

MIGREIN KILLED ME


ya...seperti itulah mungkin judul yang paling tepat untuk menggambarkan kondisiku yang begitu amat sangat mem`boringkan`...kapan saja ia mau merajai diriku, menjadikan diriku sebagai sosok yang tak berdaya dari segala apa yang saya lihat, saya dengar, terlebih lagi apa yang saya rasakan...! lets read this short article about migrein...

Sakit kepala itu sebagai gejala mendasar, merupakan keluhan penyakit yang paling umum dialami seseorang, termasuk saya Hasra. Penyakit ini dapat menyerang orang tanpa pandang bulu, di mana saja dan kapan saja. Tentunya jika sakit kepala datang dengan terus-menerus dalam kehidupan sehari-hari, akan sangat mengganggu aktivitas dan kreativitas seseorang.

Sakit kepala adalah suatu penyakit yang ditimbulkan karena adanya kontraksi pada otot-otot kepala mulai dari leher, tengkuk, yang kemudian menyebar sampai ke dahi. Umumnya penderita merasa seolah-olah ada benda berat yang membebani kepala yang pada akhirnya rasa sakit ini sering terpusat di atas kedua mata.

Ketegangan jiwa dapat menjadi penyebab sakit kepala yang paling umum. Biasanya sakit kepala kronis adalah akibat ketegangan atau kontraksi otot yang bisa diakibatkan oleh stres emosional, lelah, haid, atau stimulasi lingkungan seperti suara nyaring, keramaian, atau cahaya yang terang. Sekitar 90% sakit kepala adalah karena gangguan vaskuler (pembuluh darah) dan ketegangan jiwa dalam diri seseorang. Sakit kepala yang disebabkan oleh gangguan pembuluh darah terbagi menjadi dua golongan, yaitu migrein dan kluster. Kedua golongan sakit kepala tersebut merupakan kasus sakit kepala yang paling sering diderita masyarakat luas.

Migrein merupakan jenis sakit kepala yang disebabkan oleh melebarnya pembuluh darah di otak bagian bawah. Sakit kepala migrein banyak diderita oleh kaum wanita. Penyakit ini biasanya muncul pertama kali pada usia 10 - 30 tahun. Kendati demikian, pada beberapa kasus ditemukan migrein yang baru muncul setelah masa menopause. Migrein yang merupakan sakit kepala berat dan dapat mengakibatkan kondisi tubuh melemah, biasanya disertai dengan muntah-muntah, diare, dan gangguan pada penglihatan, yaitu timbulnya penglihatan ganda. Rasa sakit yang timbul umumnya hanya di satu sisi kepala, yaitu pada sisi kepala bagian kiri atau sisi bagian kanan. ( melihat sebelah mata orang lainpun aku tak bisa... )

Sakit kepala migrein terbagi atas migrein klasik, migrein ekuivalen, dan migrein abdomen. Migrein klasik atau migrein biasa, yaitu migrein yang didahului oleh adanya gangguan fungsi otak dan gejala neurologi yang meliputi rasa gamang, bingung, pusing, berbicara tidak jelas, timbulnya gangguan penglihatan, dan lain-lain. Migrein ekuivalen, yaitu gangguan fungsi otak yang terjadi tanpa diikuti adanya sakit kepala. Berbeda dengan migrein biasa atau klasik yang menyerang bagian-bagian kepala. Migrein abdomen atau migrein perut, yaitu migrein yang ditandai dengan sakit perut berat yang berulang-ulang sehingga menyebabkan penderita menjadi pucat, hilang napsu makan, mual, dan muntah. Migrein jenis ini sering diderita oleh anak-anak.

Selain hal tersebut di atas, timbulnya migrein dapat dipicu oleh gangguan penyakit lain, seperti; hipertensi, sakit gigi, masuk angin, flu, tumor otak, dan lain-lain. Jenis penyakit tersebut berhubungan dengan pembuluh-pembuluh darah dan otot-otot di kepala. Sehingga jika anda menderita salah satu penyakit di atas, anda akan mudah terserang sakit kepala. Dapat disimpulkan bahwa reaksi sakit kepala sebenarnya merupakan aspek dari seluruh fungsi tubuh yang tidak teratur.

Di samping hal-hal tersebut di atas, penyebab terjadinya migrein juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan yang terdiri dari : faktor internal; yaitu peristiwa-peristiwa yang terjadi pada saat tertentu misalnya ketegangan yang terjadi menjelang menopause atau menstruasi. Faktor eksternal, yaitu situasi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, termasuk rangsangan sensorik yang setiap saat mengelilingi manusia seperti : kegelisahan, stres dan depresi, gangguan pada penglihatan misalnya penglihatan ganda, pengaruh makanan, ketegangan menjelang menstruasi, kelainan pada ruas tulang belakang, perubahan cuaca, sinar yang menyilaukan, suara yang nyaring atau berisik, bau-bauan yang menyengat, peradangan, dan lain-lain.

Migrein merupakan penyakit yang membuat penderita sangat menderita dan kadang-kadang menyerang setiap saat ketika tubuh sedang tidak dalam keadaan siap. Yang lebih menyedihkan, migrein tidak hanya menyerang orang dewasa saja tetapi anak-anak juga dapat terkena serangan migrein walaupun sebagian besar penderita adalah orang dewasa. Migrein yang dialami anak-anak, sebagian besar merupakan jenis migrein abdomen dan migrein biasa atau migrein klasik.

Keluhan-keluhan migrein yang biasanya dirasakan diantaranya yaitu: migrein yang hanya terasa pada sebelah sisi kepala tanpa keluhan lain; migrein yang disertai gangguan penglihatan; migrein yang disertai lemahnya setengah sisi badan; migrein pada bagian belakang kepala diikuti pusing, sakit menelan, telinga berdengung, dan gangguan berbicara; dan migrein yang disertai lemahnya otot mata yang bersifat sementara. Migrein bukanlah semata-mata masalah fisik, namun memiliki pengaruh psikologis terhadap kehidupan penderitanya. Untuk itulah perlu kiranya diwaspadai gejala-gejala migrein yang mulai timbul.

Agar dapat terhindar dari serangan sakit kepala, hendaknya menghindari makanan yang dapat memicu timbulnya sakit kepala seperti : makanan yang mengandung pengawet/MSG/yang diawetkan, makanan yang mengandung zat amines, kacang-kacangan, kafein, alkohol, anggur merah, asparagus, nitrite, buah almond, es krim, cokelat, dan sebagainya.

Penderita sakit kepala hendaknya mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi cukup dan seimbang serta menu yang bervariasi. Konsumsi sayur-sayuran segar, buah-buahan segar, ikan segar, minyak ikan, dan minyak zaitun. Selain itu hindari stres dan istirahat yang cukup.

Cara tradisional yang dapat digunakan untuk mengatasi sakit kepala yaitu:

  • 60 gram daun lidah buaya dikupas kulitnya + 10 gram jahe + gula merah secukupnya direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat. Lakukan secara teratur sehari 2 kali.
  • 25 gram kencur + 15 gram jahe direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat. Lakukan secara teratur sehari 2 kali.
  • 2 butir cengkeh + 2 gram kayu manis + 2 gram biji pala + 3 butir biji pala, dihaluskan hingga lembut menjadi bubuk, diseduh dengan 200 cc air panas, airnya disaring, diminum hangat-hangat. Lakukan secara teratur sehari 2 kali.
  • 25 gram bangle segar dikupas kulitnya, diparut, diperas, airnya disaring, diminum. Ampasnya digosokkan pada tengkuk, dahi, dan pelipis. Lakukan secara teratur sehari 2 kali.
Catatan : anda dapat menggunakan salah satu cara tradisional di atas. Dalam melakukan perebusan gunakan panci enamel atau periuk tanah.



0 komentar: