CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Kamis, 10 Desember 2009

SAY NO TO AIDS!


Senang sekali karena akhirnya ada juga waktu buat ngisi blog!
Teman-teman, kalian tahu kan tanggal 1 Desember itu hari apa?
Tanggal 1 Desember itu adalah hari anti AIDS sedunia dimana kita semua mestinya tahu kalau AIDS itu adalah penyakit mematikan secara perlahan yang disebabkan oleh virus HIV, tapi bukan sekedar tahu minimal kita tahu bagaimana mencegah dan men-SAFE diri dari penyakit tersebut.

Memperingati hari AIDS sedunia, anak-anak Ners UH tentunya tidak ketinggalan dong...! BPH HIMIKA, SIAGA Ners, dan warga PSIK UH yang lain ikut turun membagikan bunga mawar merah plus ngasih ucapan diseluruh sudut kampus UNHAS, wadu...wadu...Salut!!!
Betul-betul salut deh karena ditengah kesibukan menjelang akhir semester ganjil mereka masih sempat turun berbagi solidaritas dengan warga UNHAS yang lain!
Uaa...mungkin cakupannya masih kecil karena hanya dilingkungan Kampus UNHAS tapi setidaknya ada pelajaran yang bisa kita dapatkan dari aksi solidaritas tersebut.

Ngomong-ngomong masalah peringatan hari AIDS teman-teman harus tau dulu AIDS itu apa?? sekilas bacaan tetntang AIDS, intip nyok!

AIDS ( Acquired Immune Deficiency Syndrome) merupakan suatu penyakit yang cara kerjanya menghancurkan sistem kekebalan tubuh manusia. AIDS disebabkan karena virus yang bernama HIV (Human Immunodeficiency Virus) masuk ke dalam tubuh manusia. HIV dengan cepat akan melumpuhkan sistem kekebalan manusia. Setelah sistem kekebalan tubuh lumpuh, seseorang penderita AIDS biasanya akan meninggal karena suatu penyakit (disebut penyakit sekunder) yang biasanya akan dapat dibasmi oleh tubuh seandainya sistem kekebalan itu masih baik.

penularan HIV atau AIDS yang diketahui adalah melalui:
* Transfusi darah dari pengidap HIV.
* Berhubungan seks dengan pengidap HIV.
* Sebagian kecil (25-30%) ibu hamil pengidap HIV kepada janinnya.
* Alat suntik atau jarum suntik/alat tatoo/tindik yang dipakai bersama dengan penderita HIV atau AIDS; serta
* Air susu ibu pengidap AIDS kepada anak susuannya.

Tindakan untuk mencegah HIV atau AIDS
Cara mencegah masuknya suatu penyakit secara umum di antaranya dengan membiasakan hidup sehat, yaitu mengkonsumsi makanan sehat, berolah raga, dan melakukan pergaulan yang sehat. Beberapa tindakan untuk menghindari dari HIV atau AIDS antara lain:
Hindarkan hubungan seksual diluar nikah dan usahakan hanya berhubungan dengan satu pasangan seksual, pergunakan selalu kondom, terutama bagi kelompok perilaku resiko tinggi, seorang ibu yang darahnya telah diperiksa dan ternyata positif HIV sebaiknya jangan hamil, karena bisa memindahkan virusnya kepada janin yang dikandungnya, orang-orang yang tergolong pada kelompok perilaku resiko tinggi hendaknya tidak menjadi donor darah, penggunaan jarum suntik dan alat tusuk lainnya seperti; akupunktur, jarum tatto, jarum tindik, hendaknya hanya sekali pakai dan harus terjamin sterilitasnya, jauhi narkoba, karena sudah terbukti bahwa penyebaran HIV atau AIDS di kalangan panasun (pengguna narkoba suntik) 3-5 kali lebih cepat dibanding perilaku risiko lainnya. Di Kampung Bali Jakarta 9 dari 10 penasun positif HIV.

Oleh sebab itu perlu diketahui bahwa HIV atau AIDS tidak menular melalui:
* Bekerja bersama orang yang terkena infeksi HIV.
* Gigitan nyamuk atau serangga lain.
* Sentuhan tangan atau saling pelukan.
* Hubungan Seks dengan menggunakan kondom.
* Penggunaan alat makan bersama.
* Penggunaan toilet bersama.
* Semprotan bersin atau batuk.


(http://intl.feedfury.com)



TEMAN-TEMAN KITA ADALAH TUNAS BANGSA...
KITA TIDAK MUNGKIN MENJATUHKAN NAMA HANYA KARENA KESENANGAN SESAAT
MEMBANGUN SESUATU YANG BESAR MEMANG TIDAK MUDAH
TETAPI...
SESUATU YANG KECIL, YANG DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI
PASTI AKAN MENJADI PENYOKONG HARAPAN BESAR KITA.

KEEP SAFE OUR LIFE, SAY NO TO AIDS!!!

0 komentar: